Minggu, 28 Maret 2010

Nama : Erwati
NPM : 20206322
Kelas : 4 EB 11
Dosen : Christina Dewi
Tugas : Tulisan Manajemen Strategik

“ CERITA-Q “


Lulus dari SMA Negeri 8 Bekasi, saya mengikuti SPMB namun gagal. Tapi saya tidak putus asa berkat anjuran orang tua, saya mencoba mendaftar dan mengikuti test masuk ke Universitas Gunadarma. Seminggu kemudian saya mendapat kabar dari UG dan saya diterima dengan grade 3. Alhamdulillah saya senang selain bisa kuliah dan jarak kampusnya pun dekat dengan rumah. Jujur awal masuk kelas saya tidak kenal siapa-siapa walaupun di kampus banyak juga teman-teman SMA saya tapi kebetulan beda kelas.
Di awal kuliah saya berusaha menyesuaikan diri dengan teman-teman di kelas dan syukur alhamdulillah mereka semua orangnya baik dan bersahabat, jadinya proses belajar pun menyenangkan walaupun jujur masih banyak mengalami kesulitan. Tapi dengan disiplin dan belajar dengan rajin insya allah pasti bisa. Di kelas saya di kenal karena cerewet, rame, suka mencatat dan suka foto copyin buat teman-teman.
Pada tingkat 2 saya masuk kelas favorit atau bisa di bilang kelasnya anak-anak pintar karena rata-rata nilai IPKnya 3. Syukur alhamdulillah jadinya kuliah tambah semangat dan teman-temannya juga baik serta bisa saling belajar atau sharring deh. Walaupun kemampuan saya biasa saja atau tergolong pas-pasan tapi saya selalu mencoba belajar agar tidak ketinggalan dan bisa meningkatkan prestasi.
Sudah hampir 3 tahun kami bersama rasanya senang sekali mengenal mereka semua dengan segala sifat yang berbeda tapi kami tetap selalu kompak. Saya juga senang punya teman yang bisa berbagi dikala senang atau duka. Sahabat saya bernama heidy, riri mitha dan umu awal dekat ketika tingkat 2 suka main, belajar dan curhat dan selanjutnya mulai bergaul dengan lisna, jesy, renny cs, melik, dwita, irma, suci cs, hera cs, vika cs, wendra, dina, yuanita, desi dan lain-lain. Oh ya di kelas kata teman-teman saya mirip dengan fitri jadinya di anggap kayak adik dan di anggap mamanya heidy karena selalu bareng, care dan melindungi. Ya Allah berilah kami kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan kuliah dan skripsi kami di Universitas Gunadarma pada tahun 2010 ini dan semoga bisa lulus semua dengan hasil yang maksimal,, amien ya robb…SEMANGATTT dan GOOD LUCK !!!!!!

Created : rwty

Rabu, 24 Maret 2010

iNfo KeSeHaTan

ReMaTik



Definisi reMatik
Rematik adalah penakit yang menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi. Bagian tubuh yang biasanya diserang adalah persendian di jari, lulut, pinggul, dan tulang punggung. Persendian lainnya yang lebih jarang terserang termasuk pergelangan tangan dan kaki, siku, serta bahu. Rematik merupakan penyakit degeneratif yang sifatnya menahun dan menghambat aktivitas penderitanya.

Penyebab dan keLompok rawaN reMatik
Rematik dapat disebabkan oleh berbagai macam factor. Rematik dapat juga terjadi akibat aktivitas berlebihan atau trauma berulang aus pada tulang rawan (kartilago) yang menjadi bantal tulang dan menyebabkan rasa nyeri jika sendi digerakkan.

Faktor resiko penyebab reMatik dapat dikelompokkan menjadi dua macam:
1. Faktor yang tidak dapat diubah seperti umur, jeniis kelamin, dan faktor keturunan.
• Semakin bertambah umur, semakin resiko untuk terkena rematik.
• Wanita lebih rawan terkena rematik dengan faktor resiko sebesar 60 %.
• Faktor gen (keturunan) dapat menimbulkan rematik tipe tertentu seperti rheumatoid arthritis (RA) dan systemic lupus erythematosus (SLE).
2. Faktor yang dapat diubah, seperti obesitas, infeksi yang menyebabkan virus penyerang sendi, atau pekerjaan yang beresiko terhadap terjadinya rematik.

Diperkirakan sebanyak 285.000 anak-anak terserang rematik dan terdapat prevalensi lebih tinggi pada orang yang berusia diatas 65 tahun. Cirri-ciri orang terkena rematik adalah adanya gangguan sendi yang bersifat menetap, sakit ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, duduk, berdiri, memegang sesuatu, menulis, dll. Peradangan pada sendi dapat juga ditandai dengan pembengkakan, merah, kaku, bahkan adanya kelainan bentuk tubuh/cacat serta kelelahan yang bersifat ekstrim.

Tipe-tipe reMatik
Terdapat lebih dari 100 tipe penyakit rematik/radang sendi. Beberapa tipe yang paling banyak terjadi adalah :
1. Osteoarhritis. Tipe ini biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Osteoarthritis menyerang kartilago (tulang rawan) yang seharusnya berfungsi untuk melindungi tulang dalam persendian, sehingga menyebabkan tulang-tulang saling bersinggungan satu sama lain. Selanjutnya, orang yang terkena osteoarthritis akan sulit untuk melakukan pergerakan.
2. Rheumatoid arthritis (RA). Tipe ini menyerang system imunitas tubuh dan menyerang system persendian, organ tubuh. Biasanya menyerang wanita dengan usia dari 15 hingga 45 tahun. RA dapat menimbulkan sakit, pembengkakan, dan kekakuan, bahkan di beberapa kasus dapat menghancurkan persendian.
3. Fibromyalgia. Menimbulkan sakit pada jaringan yang menyangga tulang dan sendi.
4. Infectiousarthritis. Tipe ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
5. Tendinitis. Tipe ini merupakan peradangan pada oto/tendon yang disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, cedera atau kondisi rematik.


Sumber :

- www.drnelsonclinic.com/arthritis_faq.htm
-www.womanhealthfocus.com/women_health%c2%ac_articles/arthritis_pain_relief.php
-katalog Pfizer (Hidup Sehat di Tahun Macan)

Selasa, 23 Maret 2010

Tugas Manajemen Strategik 2

Nama : Erwati
NPM : 20206322
Kelas : 4 EB11
Dosen : Christina Dewi

1. Jelaskan apa yang yang dimaksud dengan :
a) Pengertian analisis lingkungan internal organisasi(IFAS)? Apa tujuannya?
Jawab :
• Analisis Lingkungan Internal Organisasi merupakan suatu proses untuk menemukan aspek-aspek internal atau faktor-faktor internal perusahaan yang diperlukan dalam menghadapi lingkungan eksternalnya dan mengevaluasi apakah aspek tersebut berada dalam posisi yang kuat atau lemah.
• Tujuan Analisis Lingkungan Internal adalah untuk menilai faktor-faktor yang berada didalam lingkungan organisasi yang mempengaruhi kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hasil dari analisis lingkungan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
b) Bagaimana langkah atau caranya?
Jawab :
Analisis lingkungan internal merupakan suatu proses yang terdiri dari beberapa langkah seperti berikut :
1. Identifikasi variabel internal.
2. Evaluasi dan penilaian Variabel internal.
3. Menyusun ringkasan hasil analisis.
Sebelum melakukan kajian terhadap kondisi perusahaan tentunya kita harus mengatahui terlebih dahulu bagian-bagian penting di dalam perusahaan yang akan turut di dalam membangun kekuatan dan kelemahan perusahaan. Langkah idenfikasi variabel merupakan alat untuk menemukan bagian-bagian internal yang diperlukan tersebut. Langkah ini sangat penting, karena jangan sampai ada bagian/variabel internal yang penting terlewatkan untuk dianalisis sehingga manajer kehilangan informasi mengenai posisi kekuatan ataupun kelemahannya. Jika itu terjadi berarti akan mengakibatkan tidak termanfaatkannya dengan baik kekuatan yang ada atau tidak tertanganinya kelemahan perusahaan yang mungkin memiliki dampak terhadap posisi bersaing dan masa depan perusahaan.
Setelah menemukan variabel yang perlu dianalisis,maka barulah kajian terhadap variabel tersebut dapat dilakukan. Kajian ini akhirnya akan menghasilkan informasi tenatang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Semua hasil tentunya disusun dalam sebuah ringkasan sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami secara singkat. Ringkasan ini akan menggambarkan Strategic Anvantages Profile dari perusahaan.
c) Meliputi faktor apa saja yang dianalisis, sebutkan? Kemudian jelaskan meliputi apa saja
masing-masing faktor tersebut (dua faktor saja)?
Jawab :
1. Sumber Daya (Resources)
a. Tangible, Merupakan sumber daya yang terlihat atau berwujud dalam data keuangan dan mudah sekali diidentifikasi dan dievaluasi.
Contohnya :
Sumber daya Finansial : Kapasitas kredit perusahaan, Kemampuan
menghasilkan dana internal, dan sebagainya.
Sumber daya Fisik : Kecanggihan mesin pabrik. Lokasi pabrik atau
lokasi usaha, dan sebagainya.
Sumber daya Manusia : Pengalaman, loyalitas, pelatihan, komitmen,
dan sebagainya.
Sumber daya Organisasional : Sistem perencanaan, koordinasi,
pengendalian, dan sebagainya
b. Intangible, Merupakan sumber daya yang tidak terlihat pada neraca keuangan
perusahaan.
Contohnya:
Sumber daya Teknologi : Persediaan teknologi: paten, merek dagang,
hak cipta, dan sebagainya,
Sumber daya untuk Inovasi: Kegiatan riset, kreativitas, dan
sebagainya,Reputasi (performance): Merek, persepsi kualitas, hubungan baik dengan pemasok, dan sebagainya
c. Human Resources Perusahaan, menilai sumber daya manusia atau karyawannya berdasarkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang untuk selanjutnya dikembangkan juga penilaian terhadap kemampuan para karyawan untuk bekerja sama secara lebih efektif.
2. Kapabilitas (Capability)
a. Pendekatan Fungsional, merupakan penentu kapabilitas perusahaan secara relative terhadap fungsi-fungsi utama perusahaan antara lain: pemasaran, penjualan dan distribusi, keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia, produksi serta organisasi secara umum.
b. Pendekatan Rantai Nilai (Value Chain), kapabilitas yang didasarkan pada serangkaian kegiatan yang berurutan yang merupakan sekumpulan aktivitas nilai (value activities) yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirim dan mendukung produk dan jasa.
2. a. Jelaskan Model Analisis lingkungan Persaingan industri dari Michael Porter.
Jawab :


Porter menyatakan bahwa kelima kekuatan bersaing tersebut dapat mengembangkan strategi persaingan dengan mempengaruhi atau mengubah kekuatan tersebut agar dapat memberikan situasi yang menguntungkan bagi perusahaan.
Ruang lingkup kelima kekuatan bersaing tersebut, antara lain:
1) Ancaman pendatang baru, yang dapat ditentukan dengan hambatan masuk ke dalam industri, antara lain, hambatan harga, respon incumbent, biaya yang tinggi, pengalaman incumbent dalam industri, keunggulan biaya, differensiasi produk, akses distribusi, kebijakan pemerintah dan switching cost.
2) Kekuatan tawar-menawar pemasok, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tingkat konsentrasi pasar, diversifikasi, switching cost, organisasi pemasok dan pemerintah.
3) Kekuatan tawar-menawar pembeli, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain differensiasi, konsentrasi, kepentingan pembeli, tingkat pendapatan, pilihan kualitas produk, akses informasi, dan switching cost.
4) Ancaman produk subtitusi, yang ditentukan oleh harga produk subtitusi, switching cost, dan kualitas produk.
5) Persaingan di dalam industri, yang ditentukan oleh berbagai faktor, yaitu pertumbuhan pasar, struktur biaya, hambatan keluar industri, switching cost, pengalaman dalam industri, dan perbedaan strategi yang diterapkan.
b. Sebutkan meliputi apa saja yang dimaksud dengan halangan masuk dalam persaingan? Kemudian jelaskan pengertiannya (dua aspek saja)?
Jawab :
Hambatan untuk memasuki industri (entry baarier) :
1. Skala ekonomi (economics scale) : skala ekonomi menghalangi masuknyapendatang baru dengan cara memaksa mereka untuk masuk pada skala besar.
2. Diferensiasi produk (product differentiation) : diferensiasi produk menciptakan hambatan masuk dengan memaksa pendatang baru mengeluarkan biaya yang besar untuk mengatasi kesetiaan pelanggan yang ada.
3. Persyaratan modal (capital requirement)
4. Biaya peralihan pemasok (switching cost) : biaya yang harus dikeluarkan pembeli bilamana berppindah dari produk pemasok tertentu ke produk pemasok lainnya.
5. Akses ke saluran distribusi
6. Kebijakan pemerintah

Jumat, 12 Maret 2010

My Name is Khan


Film dimulai saat seorang anak, Rizwan Khan (Tanay Chheda), seorang muslim yang mengidap sindrom Asperger, hidup bersama ibunya (Zarina Wahab) di wilayah Borivali di Mumbai. Saat ia dewasa (Shahrukh Khan), Rizwan pindah ke San Fransisko dan hidup bersama adik dan iparnya. Selama disana, ia jatuh cinta kepada Mandira 9kajol). Mereka menikah dan memulai usaha

Setelah peristiwa 9/11, Rizwan dan Mandira mulai menghadapi beberapa kesulitan. Dimulai dari sebuah tragedi, mereka berpisah. Ingin kembali memenangkan hati istrinya, Rizwan melewati sejumlah petualangan diberbagai negara bagian di Amerika

Tips CaRa meNdapaTkan Cinta sejaTi


Untuk itulah maka hargai cinta dan hormati cinta agar kita maupun orang lain di sekitar kita tidak terluka karena cinta. Berikut ini adalah tips cara dari organisasi.org bagaimana caranya agar kita bisa menikmati cinta tanpa harus melukai orang lain.


1. Jangan jadi playboy/playgirl dan hindari playboy/playgirl
2. Jika tidak suka atau biasa saja jangan pacari orang itu, pdkt dulu
3. Katakan cinta jika kita yakin dia adalah pasangan hidup kita
4. Cinta dan nafsu birahi adalah dua hal yang berbeda (no free sex)
5. Carilah orang yang baik, setia, jujur dan cinta kepada kita
6. Jangan pacaran/menikah sebelum dewasa (21 tahun ke atas)
7. Kejarlah cinta sampai ke negeri Cina, berjuanglah demi cinta
8. Berbagilah cinta dengan orang-orang di sekitar kita
9. Cinta tidak harus memiliki. Lupakan dan coba lagi bila gagal
10. Bina cinta yang ada hingga nafas terakhir selamanya
11. Jangan pernah sakiti orang yang kita cintai dengan alasan apapun
12. Cinta sejati tidak dapat dibeli dengan uang tapi pengorbanan
13. Tuhan telah memberikan anda jodoh, temukanlah cinta anda
14. Cinta harus direstui agama, hukum, keluarga & masyarakat

Jangan pernah menyakiti hati orang lain baik bagi laki-laki maupun perempuan karena mereka memiliki akal pikiran, perasaan dan insting sehingga mereka akan patah hati dan terluka jika kita mengecewakannya. Orang yang rapuh dapat mati bunuh diri karena cinta. Orang yang dendam dapat melakukan tindakan kriminal atau perbuatan tidak menyenangkan kepada anda karena cinta. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan cinta.

Semoga hidup anda menjadi indah dengan cinta.

Tips MenGaTasi paTah haTi


Beberapa ahli menyarankan beberapa tindakan-tindakan yang sebaiknya dilakukan bagi orang yang menagalami patah hati.

1. Lupakan segala sesuatu terhadap mantan kekasih Anda, putuskan kontak, dan jangan biarkan ia hinggap dalam pikiran Anda. Walau demikian, Anda tidak perlu membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahim harus tetap diupayakan, bila suatu saat bertemu tidak sengaja, Anda tidak perlu menghindar. Dan Anda tidak perlu menelponnya kalau tidak perlu sekali.

2. Bila Anda dan mantan kekasih Anda pernah saling memberi barang, kembalikan saja barang-barang pemberiannya, atau berikan kepada yang membutuhkan, misal yayasan yatim piatu, atau boleh juga singkirkan sementara untuk menghapus kenangan terhadap dia.

3. Perbanyak kesibukan-kesibukan sosial, kesibukan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain. Penelitian membuktikan,bahwa menolong orang lain mendatangkan perasaan nyaman bagi pelakunya. Banyak cara untuk melakukan hal itu, misal menjadi sukarelawan bakti sosial, panitia keagamaan, atau kegiatan lainnya yang berguna.

4. Anda harus mengevaluasi kegagalan hubungan Anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan hubungan tersebut. Tumpahkan isi hati dan uneg-uneg Anda ke dalam catatan atau diary. Jangan ragu kalau Anda ingin memakai kata atau kalimat makian. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke dalam suatu tulisan dapat meringankan beban Anda. Cara yang paling sederhana menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak, seperti sebuah saluran, ia akan tersumbat dan suatu saat meledak. Hal ini juga perlu, bila suatu saat nanti ketika Anda membuka kembali catatan Anda, jangan kaget, jika Anda kemudian menemukan jalan ke hal-hal yang baru dan dapat lebih memahami kecenderungan yang ada pada diri Anda sendiri. Sehingga di kemudian hari Anda sudah punya gambaran seperti apa hubungan yang Anda inginkan.

5. Bila perasaan kesepian menghampiri Anda, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat Anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti bermain kartu atau berceritalah hal-hal yang ringan dan lucu, seperti masa kecil Anda atau ketika Anda bersekolah dulu.

6. Sediakan waktu Anda untuk memanjakan diri sendiri. Datanglah ke tempat-tempat yang dapat membuat Anda rileks dan santai, seperti salon, spa, pijat refleksi, sauna, lulur atau bahkan menonton film. Bisa juga Anda datang ke sebuah pesta yang sudah Anda ketahui sebelumnya hanya akan dihadiri oleh sedikit orang.

7. Bila rasa sakit sudah begitu meluap, carilah saluran yang positif, seperti berolah raga, bermain video game, atau melakukan meditasi.

8. Tekuni kembali hobi lama Anda atau carilah kegemaran baru, misal melalui kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin Anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang- orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu berkenalan dengan orang-orang baru meskipun hubungan Anda dengan kekasih baru berakhir beberapa hari.

9. Bacalah buku, majalah atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi Anda.

10. Binatang piaraan adalah sesuatu hal yang menarik. Binatang piaraan akan memberikan cinta tak terbatas kepada Anda.

Memang, tak ada jaminan yang pasti patah hati Anda akan terobati jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pemantik untuk menyalakan semangat, sehingga Anda kembali siap menjalin hubungan asmara yang baru.

Orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi. Padahal asal mau, pasti mereka bisa membuka hati dan jatuh cinta lagi.

Sumber: Bahayanya Patah Hati oleh Sonny Wibisono (Majalah Violet - Edisi Mei 2006)

Kamis, 04 Maret 2010


AIA Ganti Nama Jadi Avrist Assurance

Written by Eva Simanjuntak
Monday, 02 November 2009 09:22
PT Asuransi AIA Indonesia berganti nama menjadi PT Avrist Assurance, sejak 22 Oktober 2009 lalu. Menurut Chief Agency Officer Avrist Assurance, Rusli Chan, perubahan ini mencerminkan status sebagai perusahaan asuransi independen yang kian gesit dan responsif dalam membuat keputusan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, serta mengembangkan potensi karyawan dan agen. Meski “ganti nama”, lanjutnya, namun Avrist tetap mengedepankan kepentingan pemegang polisnya. “Yang berubah adalah brand, pemegang hak pemegang polis tetap dilindungi,” tegasnya didampingi Head of Marketing, Novita J Rumngangun, di Medan, pekan lalu.

Rusli berharap, melalui brand baru ini, Avrist berencana kian melebarkan sayapnya di tanah air. Salah satu caranya, menerapkan konsep independen agency. Langkah ini terkait target pertumbuhan hingga dua digit. Selain itu, pihaknya juga kian intensif menggarap pasar yang selama ini dilirik tetapi belum dirambah maksimal, terutama di kawasan Indonesia timur.

“Ke depan distribusi agency mengusung konsep independen akan dilakukan. Begitu juga pasar yang belum tergarap seperti Gorontalo dan Samarinda. Di Batam juga kita sudah punya agency dan bakal kian maksimalkan,” ujar Rusli, lantas menambahkan, saat ini Avrist memiliki 3.800 agen.

Lebih lanjut dikemukakannya, usai berpisah dari AIA Hongkong, kepemilikan Avrist mayoritas dipegang perusahaan lokal. Rusli menyatakan, selama 2008, perusahaan telah membayarkan 15.000 klaim dengan nilai total Rp 118 miliar. Aset perusahaan saat ini sangat solid, yakni senilai Rp 5,4 triliun.

Sejalan dengan perubahan nama, pihaknya juga sedang dalam proses merampungkan negosiasi dengan calon investor minoritas internasional, Deutsche Investitions und Entwicklungsgesellschaft-Bank Pembangunan Negara Jerman-red), salah satu institusi keuangan terbesar di Eropa. “Ada investor yang tertarik dan serius bergabung dengan Avrist. Begitu juga dengan banyaknya kompetitor asing yang baru masuk menandakan pasar industri asuransi di tanah air sangat terbuka, karena masih single digit,” paparnya.

Di bagian lain, Regional Agency Director Arvist Medan, Rudiman, menyatakan, sejumlah bencana alam beberapa tahun terakhir memicu kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi.

EVA SIMANJUNTAK | GLOBAL | MEDAN

Rabu, 03 Maret 2010

Nama : Erwati

NPM : 20206322

Kelas : 4EB11

Tugas : Tulisan Manajemen Strategik

CuRhaT

Cinta datang tidak di duga saat seseorang menginginkan atau mendambakan cinta seorang pria tapi terkadang susah mewujudkan tetapi saat hati belum siap menerima cinta malah cinta dari seseorang datang dengan sendirinya dengan caranya masing-masing ada yang sesuai dengan kita ada juga yang lain dengan hati..

Saat seorang menyayangi seseorang terkadang orang yang kita sayangi malah tidak membalas. Walaupun begitu terkadang seseorang menerima keadaan tersebut dan berharap bahwa suatu hari orang yang kita sayangi atau cintai akan berubah atau membalas cinta kita berikan walaupun tidak semua berjalan sesuai harapan kita.

Bila kita menyukai seseorang terkadang mulut ini susah berkata-kata dan hati berdebar bila berada disampingnya. Terkadang seseorang yang sedang jatuh cinta jarang memakai akal sehat atau logika seringnya mengikuti hati kecilnya walaupun bertentangan dengan orang lain.

Saat engkau mencintai / menyayangi seseorang belajarlah untuk mencintainya dgn setulus hatiMu dan janganlah engkau mensia-siakan cinta yang datang kepadaMu karene mugkin suatu hari naNti engkau akan meNyesalinya...

Tugas Manajemen Strategik

Nama : Erwati
NPM : 20206322
Kelas :4EB11
Dosen : Christina Dewi

1.a. Jelaskan bagaimana bagan proses manajemen strategik ?
Jawab :


b. Jelaskan apa maksud dari bagan tersebut ?
Jawab :
• Menetapkan Arah dan Misi Organisasi
Visi, misi dan tujuan suatu organisasi akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi, misi dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan kurang jelas serta mudah mudah diombang-ambing oleh situasi eksternal.
• Memahami Lingkungan
Tujuan dari analisis lingkungan ini sendiri dimaksudkan agar dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isi kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengerug yang cukup kuat terhadap perusahaan. Lingkungan terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal berada didalam perusahaan sedangkan lingkungan eksternal berada diluar perusahaan.
• Memformulasikan Strategi
Perusahaan melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dikenal juga dengan Analisis SWOT, selanjutnya merumuskan strategi. Strategi atau sasaran menjelaskan tujuan-tujuan yang spesifik dalam jumlah dan waktu. Dengan demikian sasaran memudahkan untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Sasaran perusahaan dapat berupa profitabilitas, posisi pasar, produktivitas, kepemimpinan teknologi, pengembangan sumberdaya manusia, hubungan antar karyawan dan tanggungjawab sosial.
• Mengimplementasikan Strategi
Didalam implementasi strategi perusahaan diharapkan menetapkan atau merumuskan tujuan perusahaan tahunan, memikirkan dan merumuskan kebijakan, memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang telah diformulasikan dapat dilaksanakan.
• Mengevaluasi dan Mengawasi Strategi
Evaluasi dan pengawasan merupakan tahap terakhir dalam proses strategi. Pada dasarnya evaluasi mencakup 3 hal, yaitu:
a. Mereview faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang
sedang berlangsung.
b. Mengukur kinerja yang telah dilakukan, dan
c. Mengambil berbagai tindakan perbaikan.

Evaluasi strategi sangat diperlukan sebab keberhasilan perusahaan dewasa ini tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.

2.a. Jelaskan definisi misi dan tujuan organisasi ?
Jawab :
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanyang mengwujudkan visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian visi.
Tujuan organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan juga merupakan sesuatu apa yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu tertentu dalam suatu organisasi / perusahaan. Tujuan juga dirumuskan dalam dua bentuk yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Perbedaan kedua terletak dalam waktu pencapaian dan cara penulisannya. Tujuan jangka pendek biasanya lebih spesifik dibandingkan jangka panjang.

b. Buatkan contoh rumusan masing-masing, dengan cara jelaskan dahulu apa
definisi Bisnis
(bidang usaha) organisasi/perusahaannya?
Jawab :


Tentang Danone Aqua

PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.

Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).


3.a. Pengertian analisis lingkungan eksternal organisasi (EFAS)?
Jawab :
Analisis lingkungan eksternal organisasi (EFAS) adalah Analisis yang bertujuan mengetahui peluang dan ancaman perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan terdiri dari tiga perangkat faktor, yaitu lingkungan jauh, lingkungan industri dan lingkungan operasional. Proses yang dilakukan secara kontinyu untuk melakukan analisis lingkungan eksternal adalah dengan melakukan pemindaian (scanning), pengawasan (monitoring), peramalan (forecasting), dan penilaian (assessing).

b. Meliputi faktor apa saja yang dianalisis dalam analisis lingkungan sosial (makro) dan
lingkungan tugas (mikro), sebutkan masing-masing?
Jawab :
Analisis makro bertujuan mengidentifikasi peluang dan ancaman makro yang berdampak terhadap value yang dihasilkan organisasi kepada pelnggan. Obyek pengamatan dalam analisis ini adalah antara lain: kekuatan politik dan hukum, kekuatan ekonomi, kekuatan teknologi, kekuatan sosial, faktor demografi.
Analisis mikro diterapkan pada lingkungan yang lebih dekat dengan istitusi yang bersangkutan. Dalam dunia perusahaan, lingkungan tersebut adalah industri dimana suatu perusahaan termasuk didalamnya. Analisis yang dilakukan dapat menggunakan tori porter mengenai persaingan, yaitu: kekuatan tawar pemasok, ancaman pendatang baru, kekuatan tawar pembeli, ancaman produk atau jasa pengganti.