Rabu, 24 Maret 2010

iNfo KeSeHaTan

ReMaTik



Definisi reMatik
Rematik adalah penakit yang menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi. Bagian tubuh yang biasanya diserang adalah persendian di jari, lulut, pinggul, dan tulang punggung. Persendian lainnya yang lebih jarang terserang termasuk pergelangan tangan dan kaki, siku, serta bahu. Rematik merupakan penyakit degeneratif yang sifatnya menahun dan menghambat aktivitas penderitanya.

Penyebab dan keLompok rawaN reMatik
Rematik dapat disebabkan oleh berbagai macam factor. Rematik dapat juga terjadi akibat aktivitas berlebihan atau trauma berulang aus pada tulang rawan (kartilago) yang menjadi bantal tulang dan menyebabkan rasa nyeri jika sendi digerakkan.

Faktor resiko penyebab reMatik dapat dikelompokkan menjadi dua macam:
1. Faktor yang tidak dapat diubah seperti umur, jeniis kelamin, dan faktor keturunan.
• Semakin bertambah umur, semakin resiko untuk terkena rematik.
• Wanita lebih rawan terkena rematik dengan faktor resiko sebesar 60 %.
• Faktor gen (keturunan) dapat menimbulkan rematik tipe tertentu seperti rheumatoid arthritis (RA) dan systemic lupus erythematosus (SLE).
2. Faktor yang dapat diubah, seperti obesitas, infeksi yang menyebabkan virus penyerang sendi, atau pekerjaan yang beresiko terhadap terjadinya rematik.

Diperkirakan sebanyak 285.000 anak-anak terserang rematik dan terdapat prevalensi lebih tinggi pada orang yang berusia diatas 65 tahun. Cirri-ciri orang terkena rematik adalah adanya gangguan sendi yang bersifat menetap, sakit ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, duduk, berdiri, memegang sesuatu, menulis, dll. Peradangan pada sendi dapat juga ditandai dengan pembengkakan, merah, kaku, bahkan adanya kelainan bentuk tubuh/cacat serta kelelahan yang bersifat ekstrim.

Tipe-tipe reMatik
Terdapat lebih dari 100 tipe penyakit rematik/radang sendi. Beberapa tipe yang paling banyak terjadi adalah :
1. Osteoarhritis. Tipe ini biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Osteoarthritis menyerang kartilago (tulang rawan) yang seharusnya berfungsi untuk melindungi tulang dalam persendian, sehingga menyebabkan tulang-tulang saling bersinggungan satu sama lain. Selanjutnya, orang yang terkena osteoarthritis akan sulit untuk melakukan pergerakan.
2. Rheumatoid arthritis (RA). Tipe ini menyerang system imunitas tubuh dan menyerang system persendian, organ tubuh. Biasanya menyerang wanita dengan usia dari 15 hingga 45 tahun. RA dapat menimbulkan sakit, pembengkakan, dan kekakuan, bahkan di beberapa kasus dapat menghancurkan persendian.
3. Fibromyalgia. Menimbulkan sakit pada jaringan yang menyangga tulang dan sendi.
4. Infectiousarthritis. Tipe ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
5. Tendinitis. Tipe ini merupakan peradangan pada oto/tendon yang disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, cedera atau kondisi rematik.


Sumber :

- www.drnelsonclinic.com/arthritis_faq.htm
-www.womanhealthfocus.com/women_health%c2%ac_articles/arthritis_pain_relief.php
-katalog Pfizer (Hidup Sehat di Tahun Macan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar